Sabtu, 09 Januari 2010

apakah hasil fingerprint test tidak berubah ?


Apakah hasilnya bisa berubah ketika di tes saat ini dan dimasa dewasanya?

Sidik jari unik dan tidak berubah, oleh karena itu hasil tesnya juga tidak berubah. Tes ini cukup sekali dilakukan dan informasinya dapat digunakan seumur hidup. Sesungguhnya pengukuran terhadap bakat atau potensi yang bersifat bawaan tidak mengalami perubahan karena yang diidentifikasi adalah kecerdasan dan karakter dasar sejak ia dilahirkan.

Hasil Psikotes seharusnya juga tidak mengalami perubahan karena yang diukur juga potensi bawaan individu. Persoalan adanya hasil yang berbeda berarti alat tersebut tidak mengukur potensi bawaannya. Bila diikuti kaidah keilmuannya seharusnya hasil psikotes juga tidak mengalami perubahan. Perbedaan hasil didapat karena norma yang digunakan untuk mengukur tidak dilakukan perbaikan. Anak yang mengikuti les kumon dan tidak mengikuti les tentunya memiliki hasil yang berbeda, karena anak yang mengikuti les tentunya menjadi lebih siap dibandingkan yang tidak mengikuti les apapun.

Individu yang memiliki karakter suka bicara tentang pengalamannya maka ia cenderung tetap menggunakan pola bicaranya yang demikian sampai ia dewasa. Sedangkan individu lain memiliki pola gaya bicara melompat-lompat, topik yang satu belum selesai, ia mudah berpindah ke topik yang lain manakala terlintas dalam benaknya sesuatu yang menarik perhatiaannya atau karena stimulasi selama proses pembicaraan. Seorang dosen, diidentifikasi cerdas verbal tetapi ia pernah didemo mahasiswanya karena cara mengajarnya yang tidak jelas. setelah mengikuti fingerprint test, ia kini lebih fokus pada manajemen yayasan perguruan tinggi tersebut.

Anda dapat menghubungi Smart Business Solution untuk informasi lebih lanjut di nomor 031-8781491 dengan Olsa / Rini atau membaca info di www.reksaboeana.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar